Recent Posts

Tuesday 3 February 2015

Menjelajah Kota Sutra in "Cross Country"

    Sekarang ini masih banyak remaja-remaja yang menjadi penikmat indahnya bentang alam di Indonesia. Salah satu yang dapat dilakukan untuk menyalurkan hobi para penjelajah muda tersebut yaitu melakukan petualangan bersama teman-teman mereka. Kasipalaras atau Komunitas Siswa Pecinta Lingkungan Alam Selaras memanfaatkan hal tersebut untuk menarik minat siswa baru di SMA Negeri 3 Sengkang untuk bergabung dengan organisasi itu dengan mengadakan kegiatan “Cross Country” yang diikuti oleh seluruh kelas yang mengutus 5 perwakilannya.
Benar saja. Para peserta menunjukkan euforia berpetualang mereka dan merespon positif kegiatan tersebut. Terbukti pada saat pembukaan kegiatan tersebut, seluruh peserta menghadiri acara pembukaan yang dibuka secara resmi oleh Ayahanda Drs. Amri dan mengikuti jalannya rangkaian acara dari kegiatan Cross Coutry tersebut.
Kegiatan melintasi kota Sengkang ini memilih start dari Kampus SMA Negeri 3 Sengkang yang diawali dengan games untuk menentukan siapa yang mendapatkan giliran start pertama. Kemudian pencarian peta di sekitar bukit cendana yang masih berada di pekarangan SMA 3 Sengkang dan dilanjutkan dengan mengumpulkan logo-logo. Logo tersebut menjadi tiket untuk melanjutkan perjalanan yang didapatkan di setiap pos-pos yang dilewati oleh peserta. Puncak keseruan dari kegiatan ini yaitu ketika para peserta berebutan mencari harta karun yang telah disediakan oleh panitia yang disembunyikan di puncak Bukit Cepo’, Sempange.
                Dan pada akhirnya, tim pemenang yang berhasil menempuh jalur perjalanan sejauh 5 kilometer dan sampai pertama kali di puncak bukit tersebut kemudian menancapkan bendera kelas yang dibawa selama perjalanan yaitu tim dari kelas XI IPS 2 yang terdiri atas Eko Suryo Prayogo, Alif Bakti Bhrata, Muhammad Fikran, Aldi Budianto, dan satu-satunya peserta putri dalam tim tersebut sekaligus menjadi peserta putri pertama yang berhasil mencapai puncak Bukit Cepo’ yaitu Arum Beatric. Dan sebagai hadiahnya, kepada tim pemenang diserahkan sertifikat, piala, dan uang tunai. Kemudian tim yang mendapatkan penghargaan sebagai tim terkompak adalah tim dari kelas X Bahasa.
                Kegiatan ini sangat bernilai positif karena selain melakukan perjalanan yang tentu akan mempererat tali persaudaraan antara peserta, setiap tim juga diwajibkan membawa 1 bibit pohon yang kemudian ditanam pada pos 2 yang lokasinya di Jalan Rusa. Organisasi Kasipalaras benar-benar membuktikan kecintaan mereka terhadap alam dengan berhasil melaksanakan salah satu program kerja dari organisasi pecinta alam ini.
Pemandangan dari puncak Bukit Cepo'




Tampak Danau Tempe dari puncak Bukit Cepo'

0 comments:

Post a Comment